Mengunjungi Desa Cumalikizik, Peninggalan era Ottoman

Halo semua.. kali ini aku mau share salah satu destinasi ketika aku pergi ke turki, Desa Cumalikizik.

Perjalanan ke Desa Cumalikizik berjarak sekitar 10km dari kota bursa, turki. kalau ditempuh dengan kendaraan pribadi, mungkin sekitar 20-30 menit.
Just info, desa ini merupakan salah satu peninggalan zaman kekaisaran ottoman dan salah satu desa tertua.


Waktu aku ke desa cumalikizik, kebetulan setelah musim dingin jadi suhunya masih sekitar 10-11 derajat.. Sesampai disana, kamu akan lihat view yang bagus dan udaranya yang sejuk. Arsitektur tua disetiap rumah yang khas. Selain itu gang gang sempit yg jarang sekali ada kendaraan bermotor lewat. Lebih banyak pejalan kakinya.. 


Di pinggir jalan setapak, banyak penduduk yg berjualan kerajinan.. 

Disini bisa dilihat dipinggir jalan setapak ada penduduk desa yg berjualan (kebanyakan ibu ibu). Mereka menjual berbagai kerajinan, pakaian, keramik, sampai makanan seperti selai, manisan, jajanan khas dari daerah itu.

                             Manisan permen


Setelah capek jalan-jalan dan kedinginan, terakhir aku mampir di salah satu kedai dirumah penduduk. Disana aku pesan Teh dan makanan tradisional turki "Gozleme". Gozleme sejenis roti yang dengam macam2 isi seperti daging, sayur, keju. Dan kebetulan aku pilih yang isian keju. Rasanya enak dan bikin kangen T.T
Ngomong ngomong tentang gozleme dan menu lain yang dijual di kedai itu kayanya akan aku bahas lebih lanjut di blog makanan aku https://makansamananda.blogspot.com

                Menu di kedai yang aku singgahi

                   Proses pembuatan gozleme

                               Didepan kedai

Salah satu kerajinan yang aku beli, suka❤❤

Thats cool.. menyenangkan sekali perjalanan aku ke tempat ini.. suasananya tenang, hawanya sejuk dan penduduknya ramah sekali..
Bagi kalian yang suka foto, tempat ini juga cocok banget untuk foto foto. Berharap bisa kembali lagi kesini..

Mungkin itu dulu yang bisa aku ceritain,
Jangan lupa follow social media aku @nandacato
Hope you like it.. Thankyouuuuu and bye :))

No comments:

Post a Comment